 |
| Info Sehat |
|
Secangkir Teh Sehari, Cegah Kanker?
Washington D.C. - 13 Jun 00 11:56 WIB - (Astaga!com)
Satu lagi berita tentang teh. Jenis minuman yang di Asia dikenal sebagai harta karun dari
negeri Cina ini, ternyata mengandung unsur-unsur yang dapat melawan kanker dan penyakit
hati.
Hal ini terungkap pada simposium ilmuan internasional kedua tentang "Teh dan
Kesehatan Manusia" di Washington D.C. Dalam acara yang disponsori, antara lain oleh
The American Health Found dan Dewan Teh Amerika ini, para ilmuan mendiskusikan kemungkinan
manfaat yang didapat dari mengkonsumsi teh, baik teh hitam maupun teh hijau.
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr.Jeffrey Blumberg dari Universitas Tufts, Boston,
mengungkapkan bahwa teh dapat meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah.
teh
"Baik teh hitam maupun teh hijau mengandung phytochemicals yang berfungsi sebagai
antioksidan," kata Dr. Chung Yang dari Universitas Rutgers.
Seperti diketahui, antioksidan adalah molekul-molekul yang membantu untuk mencegah
kerusakan yang terjadi pada sel-sel tubuh. Penelitian-penelitian yang dilakukan pada hewan
juga menunjukkan bahwa teh bisa mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru.
Dr John Weisburger dari American Health Foundation New York, mengatakan bahwa penelitian
yang dilakukan untuk mencari manfaat dari teh dalam beberapa tahun terakhir semakin
meningkat. Hasil dari sejumlah penelitian semakin menguatkan bukti bahwa teh memang
bermanfaat bagi kesehatan.
"Jumlah penderita kanker perut dan kanker leher rahim di Asia -dimana tingkat
konsumsi tehnya lebih besar dari negara-negara barat - menunjukkan tingkat yang
rendah," kata Weisburger.
Meskipun jumlah teh yang dibutuhkan agar bisa mendapatkan menfaatnya belum diketahui, tapi
Weisburger yakin setiap orang akan mendapatkan manfaat dari meminum setidaknya satu
cangkir teh seharinya, baik panas, ataupun dingin. (Jihan F Labetubun)
|
|
| Pilihan
Berita Lainnya |
Pilihan Berita :
|
|
 |
 |
|
 |